Perihal Seragam

Fungsi seragam itu apa? Supaya terlihat apik ketika difoto.


Nah iya, itu tidak salah. Memang tidak bisa dibohongi bahwa tujuan calon manten memberikan seragam supaya apik ketika difoto. Namun demikian, ada hal-hal lain yang menjadi alasan pemberian seragam. Bagi saya pribadi, tujuan saya memberikan seragam ke beberapa orang-orang antara lain:
  1. Apresiasi atau bentuk penghargaan saya untuk orang tersebut, dan memang saya menginginkan orang tersebut hadir di pernikahan saya. Oleh sebab itu, bapak saya selalu menyelipkan ongkos jahit di setiap bahan kain seragam. Kata bapak, “Kita itu udah ngrepotin tenaga mereka, kalau bisa ya jangan malah semakin dibebani dengan ongkos jahit juga. Anggap ini bentuk apresiasi.”
  2. Sesuai dengan tema, kebetulan saya menyukai warna coklat emas. Jadi ketika saya menikah maka nuansa coklat emas akan terbentang di hadapan saya dan tentu ini memberikan efek good mood untuk saya.
  3. Terlihat kompak. Seragam artinya satu ragam atau satu warna atau satu nuansa. Hal ini tentu memberikan kesan kompak di mata tamu-tamu undangan saya nanti.

Siapa saja yang saya beri seragam?
  • Bulik saya (pengganti ibu) & ibu mertua
  • Keluarga besar (khusus untuk putri) à 2 bahan untuk resepsi dan untuk ngundhuh
  • Among tamu à 6 orang (yang putri saja)
  • Saksi di gereja beserta istrinya à sepasang
  • Pager ayu à 4 orang

Di mana saya membeli seragam?
Banyak sekali toko kain yang murah di Jogja. Namun pilihan saya jatuh kepada Mac Mohan Jalan Solo untuk brokat dan kebaya; kemudian Niagara di Jalan Kusumanegara untuk bahan kebaya kembangan. Kedua toko tersebut memiliki keunggulannya masing-masing. Mac Mohan sangat banyak variasi brokat dan kebayanya, namun sedikit untuk yang motif kembangan. Saya mencoba memberikan nuansa baru yaitu kembangan untuk seragam among tamu. Jika kita membeli dengan jumlah yang besar, maka Mac Mohan akan memberi diskon yang lumayan besar juga. Lagi-lagi ini tergantung budget yaaaa.... karena faktanya budget untuk seragam + ongkos jahit ini lumayan besar juga ^^

Untuk ukuran kainnya, per orang putri postur biasa 2 meter, sedangkan jika postur tubuh “berisi” saya beri 2,5 meter. Seragam ini saya sampaikan ke orang-orang terkait sekitar H-2 bulan sebelum pernikahan supaya mereka ada estimasi waktu yang cukup untuk menjahitkan.

Berikut beberapa foto-foto terkait pemakaian seragam di hari-H:

Kebaya brukat nuansa coklat emas untuk para ibu (bulik & mertua)

Detail kebaya ibu mertua

Kebaya brokat warna coklat semi pink untuk keluarga besar saya di gereja & resepsi




Kebaya brokat warna coklat semi pink untuk keluarga besar saya di gereja & resepsi




Kebaya brokat warna coklat semi pink untuk keluarga besar saya di gereja & resepsi


Kebaya brukat coklat untuk kakak ipar saya



Kebaya hijau untuk keluarga besar saya di acara Ngundhuh Mantu (nuansa hijau)

Kain untuk pager ayu: nuansa coklat

Detail warna dress untuk pager ayu

Dress untuk pager ayu: nuansa coklat

Kebaya dan batik sarimbit untuk Saksi di Gereja

Kebaya motif kembangan untuk para among tamu

Detail motif kembangan untuk among tamu

Comments