Perihal Souvenir


Saya dan suami menyiapkan dua jenis souvenir, yaitu untuk resepsi dan ngundhuh mantu. Dalam pemilihan souvenir, yang paling penting adalah harus bermanfaat bagi tamu undangan. 

Resepsi 29.12.2018
Saya searching dulu di internet mengenai souvenir-souvenir pernikahan. Kemudian saya tertarik untuk membuat pouch tetapi dari bahan batik (karena nuansa Jawa di pernikahan saya). Setelah jelas keinginan souvenirnya, barulah saya searching lebih detail di Instagram tentang pouch batik. Pencarian saya berhenti pada sebuah akun Instagram @souvenirjogjaistimewa . Lokasinya terletak di Jl. Raya Krapyak, Wedomartani. Kebetulan sekali lokasinya di Jogja, jadi saya dapat supervisi prosesnya.

Harga pouch batik ukuran 20x10 cm adalah Rp 3500,00 (free kemas dan thanks card). Kemudian saya menambahkan label jahit samping dengan tulisan Anin & Bhaskara (supaya lebih personal dan berkesan untuk tamu) dengan biaya tambahan Rp 300.000 /400 pcs (sesuai dengan jumlah pesanan saya yaitu 400 pcs). Motif kain batiknya pun saya yang menentukan, tentu motif yang kalem dan sesuai dengan selera saya. Tak lupa saya menambahkan pita coklat emas dan kartu ucapannya pun saya request warna coklat. Toko souvenir ini sangat recommended bagi saya. Selain karena harganya murah, customer juga bisa request ini itu secara komunikatif.

Sekedar tips nikah hemat, kalau membeli souvenir langsung saja datang ke pengrajinnya. Seperti toko yang saya pilih ini, yang mengerjakan adalah warga-warga sekitarnya (karena lokasinya masih desa) sehingga harganya jauh lebih murah daripada ketika memesan souvenir di Pasar Beringharjo.


Ngundhuh Mantu 30.12.2018
Souvenir untuk ngundhuh mantu adalah termometer. Tentu saja ada alasan disetiap pemilihan souvenir. Termometer dipilih karena suami saya seorang dokter. Jadi, souvenir ini menunjukkan identitas manten.

Ibu mertua & suami saya memesan termometer ini melalui aplikasi belanja online: Shoppe. Harga satuan termometer adalah Rp 7500,00 plus biaya bungkus dan kirim Rp 2500,00, jadi total keseluruhan Rp 10.000,00 / pcs.



Pouch batik sebagai souvenir Resepsi





Termometer sebagai souvenir Ngundhuh Mantu


Comments