Proses, Biaya, dan Estimasi Waktu untuk Mutasi Motor dan Balik Nama 2024

 Pengalaman adalah guru yang berharga. 


Itulah yang saya alami selama kurang lebih 4 bulan terakhir. Semoga sharing pengalaman ini dapat berguna bagi Anda yang sekiranya hendak mutasi motor dan balik nama motor tanpa calo atau perantara.

Saya pengendara sepeda motor bebek (Revo), sudah berulang kali disuruh beli motor matic tapi apa daya... saya tidak bisa menggunakan motor matic (belum pernah belajar dan malas belajar hehe)...

Kasus:

  1. Motor saya semula berplat Kota Jogja dan tujuan saya adalah mutasi ke Kabupaten Sleman.
  2. BPKB motor saya semula milik orang lain yang tidak saya kenal, jadi jika mengurus perpanjangan harus melalui perantara di tempat saya membeli motor dahulu (menurut saya menghabiskan waktu  dan uang jika untuk jangka panjang...)
Proses/Alur di Samsat Sleman (Samsat tujuan):
  • 13 Jan 2024
    • Cek fisik motor (biaya sukarela menurut saya ini di luar biaya yang ditetapkan oleh aturan perundang-undangan) = Rp 1.000,00
    • Fotokopi 2 rangkap (KTP, STNK, BPKB, dll), cetak foto cek fisik, materai, kwitansi = Rp 29.000,00
    • Proses bisa ditunggu, selanjutnya berkas dibawa ke Samsat Kota Jogja (Samsat asal)

Proses/Alur di Samsat Kota Jogja (Samsat asal):
  • 13 Jan 2024
    • Mutasi keluar (berkas dari Samsat Sleman) = Rp 150.000,00
    • Hanya penyerahan berkas dan pembayaran untuk mutasi keluar, nantinya berkas yang telah diproses dapat diambil tanggal 29 Jan 2024
  • 29 Jan 2024
    • Pengambilan berkas mutasi keluar (fotokopi berkas dll, ini akan dipandu dan diarahkan oleh petugas di kantor Samsat dan tukang fotokopinya juga sudah paham, jadi terima pasrah saja)Rp 97.500,00
    • Proses di Samsat Kota Jogja selesai. Lanjut ke Samsat Sleman.
Proses/Alur di Samsat Sleman (Samsat tujuan):
  • 23 Feb 2024
    • Karna kesibukan pekerjaan, saya baru sempat memproses mutasi masuk ke Samsat Sleman tanggal 23 Feb 2024.
    • Fotokopi = Rp 1.000,00
    • Proses mutasi masuk = Rp 225.000,00
    • Hanya penyerahan berkas dan pembayaran untuk mutasi masuk, nantinya berkas yang telah diproses dapat diambil tanggal 5 Maret 2024
  • 5 Maret 2024
    • Proses mengurus BPKB dan TNKB = Rp 218.000,00
    • BPKB dapat diambil pada tanggal 08 April 2024 (tapi bertepatan dengan libur dan cuti bersama Idul Fitri 1445 H)
    • TNKB dapat langsung diambil.
    • Proses mengurus STNK = Rp 160.000,00
    • STNK dapat ditunggu dan langsung diambil.
  • 16 Maret 2024
    • Pengambilan BPKB = tidak dipungut biaya
    • Fc STNK baru dan KTP = Rp 500,00

TOTAL BIAYA = Rp 882.000,00


Kontaknya Samsat Sleman sangat mudah dihubungi: IG @samsatsleman

Comments