This is it! Bakso ala Me and My Mom!

Memasak adalah salah satu hal yang kusuka. Meskipun aku belum pinter masak, tapi setidaknya aku punya ibu yang pandai memasak. Aku sangat gemar nonton acara masak-masakan di TV seperti Master Chef, Cooking in Paradise, Fara Quinn, dll. Selain itu aku juga suka mbaca resep-resep masakan di internet ato di majalah. Hal tersebut terkadang dikomentari terutama oleh kakak dan bapakku: “Wah, Anin tuh hobinya cuma nonton aja tapi gak dipraktikkan!” Wuaaaahahaha =__=’


Okelah, aku gak pandai masak tapi aku suka bantu-bantu ibu masak, misalnya masak untuk arisan atau pertemuan lingkungan, salah satunya bakso. Di tulisan kali ini aku mau berbagi resep bakso ala ibuku ^^

Bakso sapi:
  1. Daging sapi dihaluskan. 
  2. Bawang merah, bawang putih, merica, garam, tepung kanji dihaluskan lalu dicampur rata dengan daging sapi halus. 
  3. Bentuk adonan menjadi bentuk bulatan (bakso) dengan tangan (tangan harus bersih yaaa!
  4.  Masukkan adonan bakso ke dalam air panas. 
  5. Tunggu hasil bakso sampai mengapung di permukaan air tersebut karena tandanya bakso telah matang. 
  6. Angkat bakso tersebut kemudian tiriskan.
Kuah Bakso:
  • Bahan: 
  1. Air 
  2. Daging sapi untuk diambil kaldunya
  • Bumbu halus:
  1. bawang merah
  2. bawang putih
  3. kemiri
  4. lada
  5. minyak goreng
  • Cara membuat:
  1. Siapkan wajan, panaskan minyak. Tumis bumbu halus hingga matang dan harum, angkat.
  2. Siapkan panci, masukkan daging sapi dan bumbu tumis. Rebus hingga air mendidih dan kuah harum.
Campuran Bakso:
Daun sawi, daun bawang, irisan daging sapi, mie telur, bawang goreng, dan bakso goreng.

mie-sawi-daun bawang-irisan daging sapi-bakso goreng-bawang goreng

Penyajian:
  1. Siapkan mangkuk. 
  2. Masukkan bakmi, daun sawi, daun bawang, irisan daging sapi, dan bakso sapi ke dalam mangkuk. 
  3. Siram dengan kuah yang masih panas 
  4. Taburi dengan bawang goreng dan bakso goreng 
  5. Sajikan panas dengan sambal pedas

Bakso dan sambal siap saji ^^


Selamat menikmati ^^

Comments