Indahnya Toleransi


Toleransi merupakan suatu hal yang sangat indah apabila diwujudkan dalam hidup sehari-hari. Di tengah konflik antaragama yang marak terjadi di Indonesia maupun mancanegara, aku merasa bersyukur karena masih dapat merasakan arti sebuah toleransi antarumat berbeda agama. Hal ini kualami pada saat momen Natal yang membuatnya menjadi lebih bermakna.

Kala itu malam natal, aku dan keluarga tiba di depan gereja. Ketika hendak masuk ke pintu gerbang luar gereja, pengamanan begitu ketat. Beberapa aparat kepolisian dan banser berjaga-jaga di sekitaran Gereja Katolik Kristus Raja Baciro Yogyakarta. Tanpa mengganggu keamanan serta kenyamanan para umat, polisi dan tim banser itupun dengan sigap bersiap siaga dan mengatur arus lalu lintas yang padat merayap. Tim banser yang berjaga adalah suatu perkumpulan umat muslim yang sukarela membantu pengamanan misa malam natal di gereja-gereja. Terima kasih pak polisi dan tim banser atas kesediaannya membuat suasana natal lebih nyaman ^^

Ucapan-ucapan natal lewat media sosial atau sms mengalir untukku ^^. Ucapan-ucapan tersebut tidak hanya dari teman, kerabat, rekan-rekan seiman saja, tetapi juga dari mereka yang berbeda agama. Isu-isu yang menyatakan bahwa mengucapkan selamat natal itu katanya haram, hmmm is it good for our lives?  Perasaanku sangat senang ketika aku mendapat ucapan natal dari teman-teman yang berbeda agama ^^ makasih Guys! You are so sweet!

Ucapan “selamat natal” secara langsung dari umat beda agama juga kudapatkan dari tetanggaku satu gang dan keluargaku. Pagi-pagi, tetanggaku berkunjung ke rumahku. Beliau salah satu umat muslim yang rajin ikut pengajian dan tergolong sesepuh di kampungku. Beliau mengucapkan selamat natal kepada aku & keluarga satu persatu dengan berjabatan tangan. Pengalaman lain yaitu ketika aku kumpul keluarga di rumah simbah (tradisi Natal), ada beberapa om dan bulikku yang muslim. Mereka dengan gembira turut merayakan natal di tengah keluarga besar. Sungguh toleransi yang luar biasa indah. Damai di hati dan damai di bumi.

Selamat Natal 2012 ^^

sumber: google.com


Comments