Hidup Adalah Belajar

Belajar tak melulu selalu di dalam ruangan. Belajar tidak selalu terkait pendidikan formal maupun informal. Belajar itu dapat melalui media yang bervariasi, tak kecuali media kehidupan. Sebelumnya kita harus mengetahui terlebih dahulu definisi belajar. Menurut KBBI, belajar adalah berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu, berlatih, berubah tingkah laku atau tanggapan yang disebabkan oleh pengalaman. Ya, dari definisi tersebut kita akan tahu bahwa belajar adalah sebuah proses. Proses yang membaur bersama pengalaman yang kita peroleh di setiap hela nafas yang kita hirup.

Pertanyaan reflektifnya yaitu: sebenarnya kita ini hidup untuk belajar atau belajar untuk hidup?
Mana yang menurut kalian lebih tepat? Kalau menurut saya, keduanya adalah tepat karena hidup adalah belajar, dan belajar adalah bagian dari hidup.

Hidup adalah belajar.
Belajar untuk ikhlas walaupun tidak rela.
Belajar untuk mencintai walaupun kadang terluka.
Belajar untuk melepaskan walaupun terasa berat.
Belajar untuk sabar walaupun menyakitkan.
Belajar untuk tegar walaupun sebenarnya rapuh.
Belajar untuk tersenyum walaupun kecewa.
Belajar untuk setia walaupun banyak godaan.
Belajar untuk menunggu walaupun terasa jemu.
Belajar untuk bersyukur walaupun sedang terpuruk.
Belajar untuk memaafkan walaupun sulit.
Belajar untuk memberi walaupun kekurangan.
Belajar untuk percaya walaupun terkadang ragu.

Teruslah belajar sampai habis usiamu. Jangan lelah untuk belajar karena kita punya Guru yang hebat. Guru yang selalu ada waktu untuk membimbing dan mengajari kita dikala kita menemui kesulitan. Guru yang selalu sabar dalam proses kita berolah rasa dan mengasah otak. Guru andalan itu bernama Tuhan. Jangan lupa untuk selalu melibatkan Tuhan dalam proses kehidupan kita. Belajarlah dengan tekun dan buatlah Guru kita tersenyum atas usaha dan perjuangan yang kita lakukan.

Deo Gratias ^^


Comments