Gue dan Solmed Gue

Hey Guys!
Pertama kali lu baca judul postingan gue ini, pasti lu bingung. Solmed atau Soulmate? Mungkin ada diantara lu yang pada mikir kalo gue ini typo alias salah ketik. Ada juga pastinya yang mikir kalo gw 4LAy, ngetik tulisan yang seharusnya soulmate menjadi solmed. Gue tegasin, Sob, kalo lu punya pemikiran kayak gitu, lu salah besar! Gue enggak typo ataupun 4LAy seperti yang lu kira...hhe. Solmed yang gue maksud adalah SOciaL_MEDia.

Hey Guys!
Lu pasti pada mikir dalam hati (bukannya mikir itu pake otak ya Sob!?), kalo ada yang janggal di postingan gue kali ini. Iya gak Sob? adakah lu pada ngerasa janggal? kalo enggak ya udah oke fix! gak usah lanjutin baca postingan gue! *emote_marah* haha bercanda lho Sob! :) Yap, ada yang gak biasa sama gaya bahasa gue. Oke, FYI, dalam postingan kali ini, gue pengen memposisikan diri gue sebagai AGJ : bukan Anin Gak Jelas, tapi Anak Gaul Jogja. Tentu aja ini supaya gaya bahasa gue lebih nyambung sama topik yang akan kita bahas Sob, tentang solmed.

Ada yang beranggapan : Lu belum bisa dikatain gaul kalo lu gak eksis di berbagai macam Solmed yang ada di dunia ini. Demi ngedapetin predikat anak gaul masa kini, tentu aja gue gak mau ketinggalan ngeksis dong! numpang promosi Sob!
Facebook : Benedicta Anin (add gue ya!)
Twitter : @benedictaanin (follow gue ya!)
Instagram: @benedictaanin (follow gue ya!)
Path : benedictaanin (add gue ya!)
BBM : 7CBFCFFF (invite gue ya!)
Skype : benedicta_anin (add gue ya!)
YM : anin_benedicta (add gue ya!)
LINE : benedictaanin (add gue ya!)
Kakao talk : benedictaanin (add gue ya!)
Forsquare : benedictaanin
WeChat : benedictaanin (add gue ya!)
Blog: benedictaaninpl.blogspot.com (follow gue ya!)
Soundcloud : Benedicta Anin PL (add gue ya!)
Whatsapp : 08157887 XXXX

Dari 14 solmed yang gue punya, ada beberapa diantaranya yang udah kadaluwarsa Sob alias jarang gue update. Path, Kakao,Forsquare, dan WeChat udah gue uninstall dari HP gue. Twitter dan instagram udah gak tau kabarnya gimana, jarang gue buka sih.. Line, Soundcloud, dan  YM ya ala kadarnya gue biarin aja tuh notif-notif pada numpuk ... nasibnya miris seperti halnya twitter dan instagram gue. Gue hanya eksis di Facebook, BBM, Skype, Blog, dan WA aja Sob! Dari kelima solmed tersebut, WA adalah andalan dan primadona gue hehe gue paling mudah ditemui di WA ^^

Lalu sebenernya apa sih Sob fungsinya kita punya banyak solmed? padahal temen kita di solmed itu juga sama aja kan kebanyakan...?!?! Demi menjaga eksistensi-kah? Biar lebih puas stalking-kah? Mengembangkan kemampuan meng-kepo-kah?
Menurut gue, mungkin ada beribu alasan sih Sob kenapa terjadi fenomena satu orang dengan puluhan solmed di gadgetnya. Gue gak akan ngebahas alasan orang lain karena gue belum sempet melakukan sampling untuk survei yang independent guna mengetahui jawaban versi quick count. Gue akan share alasan gue sendiri kenapa gue punya banyak solmed di gadget gue. Pertama, emang untuk menjaga eksistensi. Gue mau lu smua tau kalo "helloooo....gue ini ada lho!" SO WHAT! Ya, penting aja Sob menurut gue, dengan menunjukkan kalo gue ini ada, maka gue bisa ngejalin komunikasi sama temen2 gue Sob. Bahkan melalui solmed inilah gue ketemu lagi sama temen-temen gue jaman dulu kala yang udah terbentang waktu yang cukup lama dan akhirnya dipertemukan kembali. Selain itu, solmed juga gue jadikan sebagai tempat diskusi online Sob! Inilah salah satu fungsi utama solmed: KOMUNIKASI dan MEMPERERAT HUBUNGAN PERTEMANAN. Siapa tau lho Sob, Tuhan merencanakan kalo jodoh lu berawal dari FB atau BBM? :p
Kedua, gue punya banyak solmed untuk ngepo. Yap, asal lu tau...gue sering banget ngepo banyak hal dari solmed gue. Ngepo tentang informasi perkuliahan, lowker, kegiatan sosial, renungan-renungan keagamaan, motivasi dan kata mutiara dari idola gue, dan tentunya ngepo aktivitas temen-temen gue. Gue gak mau dong di-cap sebagai cewek yang kudet alias kurang update. Selama lu bener-bener bisa mengatur diri lu Sob, lu pasti bisa kok mengotimalkan solmed untuk hal-hal yang positif! Ketiga, gue punya banyak solmed untuk media curhat Sob! Gue mau lu tau apa yang sedang gue rasain & pikirin! hehehe kalo lu gak mau tau, ya gue akan paksa lu untuk tau! *mulai_radikal

-SILENT READER-
Akhir-akhir ini gue menikmati peran gue sebagai silent reader. Gue enjoy banget sama pilihan hidup gue yang satu ini. Gue memutuskan untuk gak "sedikit-sedikit update status" atau "sedikit-sedikit nge-twit" atau sering-sering ngeluh di solmed. Gue lagi berusaha untuk update yang penting-penting, inspiratif, dan memotivasi aja (pencitraan). Gue gak mau 'muna sih Sob.. terkadang gue juga sering kok nge-galau di solmed. Ada suatu rasa kelegaan gitu sih kl abis nyampah di solmed... kepuasan batin tersendiri gitu... Tujuannya adalah orang yang gue sasar atau target gue ini ngebaca semua keluh kesah gue... terus dia ngomentari gitu atau dia tersindir gitu atau dia menyadari sesuatu gitu...
Keputusan gue untuk jadi silent reader ini tentu akan mengecewakan bagi para fans gue (emang ada yang ngefans sama gue?! *ke-PD-an). Gue bakalan sulit untuk dikepo Sob! (siapa juga yang berminat ngepo-in gue!? -_- *emote_sedih). Ya kelessss, ada yang mau ngepo gue (masih berharap), mending lu tanya langsung aja ke gue! pasti gue jawab kok Sob! Jadi, gak perlu nge-stalking solmed gue siang malam ya Sob! hehehe (PD tingkat khayangan)
Dengan manjadi silent reader, bukan berarti gue jd cuek sama keadaan yang sedang berlangsung dalam trending topic di solmed. Bukan berarti juga gue jadi kudet. Menjadi silent reader buat gue artinya adalah "helloooo gue ada lho...tp gue gak terlihat!" (dhuhhh kok konotasinya jadi mistis gini ya Sob!) Maksudnya, walaupun gue gak tampak nongol di solmed, gue selalu ada waktu kok buat temen-temen yang membutuhkan gue untuk jd tempat sharing atau temen diskusi. Gue tetep merhatiin temen-temen gue kok Sob! Kalo update-an mereka galau, gak jarang gue kasih komen atau nge-chat ke area yang lebih privasi (misalnya via WA atau messenger atau BBM). Gue gak mau silent reader gue di-salah artikan manjadi sikap gue yang sok eksklusif. Bukan itu Sob! Gue, Anin, akan berusaha ada untuk lu!

Akhir kata Sob, gue capek nih membohongi diri gue dengan gaya bahasa yang bukan "gue banget".
Kesimpulannya, social media bagiku adalah sebagai online-diary : tempat kita sharing dan menumpahkan segala isi hati, keluh kesah, kegundah-gulanaan, serta berbagi informasi kepada orang-orang yang bersedia menjadi pembaca. Kalau ada orang lain yang merasa terganggu dengan segala update-an atau postingan kita, itu hal wajar. Namanya juga kehidupan, selalu ada keseimbangan di dalamnya untuk saling melengkapi : ada baik ada buruk, ada lovers ada haters, ada setuju ada tidak setuju. Jangan lupa satu hal, solmed adalah alat untuk memperlancar komunikasi. Yang terpenting adalah the real communication kita dengan orang-orang yang berada nyata di sekitar kita. Jangan malahan asyik dengan solmed lalu kita mengabaikan ortu kita atau sahabat atau pacar yang saat itu sedang berada di samping kita. Sekarang ini adalah jaman kebebasan berpendapat lho! Tapi perlu diingat, bahwa bebas yang dimaksud adalah bebas yang bertanggung jawab dan bebas yang beretika. ^^



Benedicta Anin P.L





Comments

Unknown said…
Hehe, nice share...menjawab rasa keingintahuan sayaa nih, kenapa pada punya socmed buanyakk...
benedicta anin said…
makasih ya mas Fredericko ^^ Berapa solmed yg kamu punya? hehehe
Unknown said…
haha, wah, saya bukan penggiat solmed :P yang aktif cuma pesbuk, line,wa nih mbak...hahaha